Jumat, 23 Desember 2011

Keluarga Akeroluh Berduka


Duka-mu Duka Kita Semua

23 Des 2011, hari ini hari berkabung untuk akeroluh, dimana salah satu ibu dari anggota akeroluh telah dipanggil Sang PemilikNya. dan ini harus kita jadikan sebagai peringatan buat kita semua bahwa kita juga akan mengalami yang namanya kematian. semoga kita termasuk orang yang beriman dan suci saat dipanggil kembali ke sisiNya.. amin semoga keluarga yang ditinggalkan bisa sabar dan ikhlas melepas kepergian almarhumah. amin.
tepat setelah menerima kabar duka itu, keluarga besar akeroluh dengan jiwa ukhuwa islamiah sepakat bersam-sama untuk berta'ziah ke rumah duka. alhamdulillah mayoritas anak akeroluh dapat meluangkan waktu untuk pergi ke sana.
perjalanan kita mulai dari kampus tercinta yaitu UIN Sunana Kalijaga, ups sepertinya tulisannya formal bgt ya?? kita buat lebih santai ajch ya...?? ok
waktu tuh, sudah banyak yang kumpul ada sekitar 7motor di depan MP, tapi kita semua belum berangkat karena masih harus menunggu si justin. emang tuch si justin sok sibuk banget sampai kita semua disuruh nunggu dia, padahal dia siapa sih?? sok penting banget gitcuh...hehheh peace cm becanda, tau akeroluh kan?/ penuh canda dan tawa... hehehh
setelah batang bibir justin kelihatan, ups gak ada yah batang bibir? adanya kan batang hidung...hehehe yah setelah justin datang kita langsung tancap gas menuju arah imogiri--salah satu daerah yang ada di bantul jogja (info buat yang belum tau jogja,heheh)
udara dan hawa jogja hari ini cukup membuat kulit yang putih menjadi item dan yang item makin item, upss kasihan deh yang item..(derita loe,hehheh) tapi emang bener banget panas banget terasa,... yah mungkin karena hari jum'at juga. ohya ngomongin hari jum'at ada yang tau gak kenapa hari jum'at seringnya matahari bersinar begitu terangnya sampai membuat udara dan hawanya panas?? pasti gak ada yang tau??? aku juga gak tau sih..hehheh tapi setelah aku berfikir dengan ide gila, akhirnya mendapat jawaban gila yaitu "hari jumat panas biar jemuran orang-orang yang lagi mencuci cepat kering" hahahh gaje banget kan...tapi itulah hasil pemikiran gila akeroluh..
lanjut ke cerita, ditengah perjalanan ternyata motor salah satu dari kami ada yang ingin minum bensin jadi kita sepakat dan setempat mampir ke SPBU.. yah gak usah ditanya kenapa kita ke SPBU ya pasti beli jamu lah...loh kok jamu?? jamunya motor biar kuat lari lebih dari 100km/jam..gaya banget?? padahal perjalanan rata2 60km/jam..hahha gak apa2 yang penting hemat!!! loh....
di tempat ini (SPBU) tensi kita naik, udah udara panas si bapak yang bertugas di SPBU ini bikin panas juga, gmn tidak, udah banyak yang antri kendaraan tapi yang bertugas cuma 2 orang, gimana gak bikin lama coba?? pengen marah aja bawaannya... untung kita baik dan tidak sombong jadi sabar yang bisa kita terima.... semoga Tuhan membalas kesabaran kita dengan pahala,,amin (padahal bawaannya udah pgn marah jadi tuh kan namanya gak sabar?? hayooo)
perjalanan panjang pun kita lanjut..melewati persawahan, perumahan, perkampungan, pertokoan dan per-per yang lainnya...ehhhh waktunya sholat Jum'at tiba, so sebagai muslim yang baik kita akirnya mampir di salah satu masjid dan melaksanakan sholat Jumat dengan khusuk!!! bener gak tuch khusuk?? udah gak usah dibahas...berdoa ajch....hahaha
selesai sholat kita nikmati situasi perkampungan, banyak pohon rambutan yang bikin kita ngiler dibuatnya, ups ada kata asing tuh, ada yang gak tau artinya ya?? ok kita translite ngiler adalah bahasa jawa yang artinya Air liur keluar karena pengen makan sesuatu...(gak jorok kan pembahasannya?? klo marasa jorok maaf, kita gak berniat seperti itu, heheh)
ternyata eh ternyata saat kita melaksanakan ibadah sholat jum'ah, rombongan ibu-ibu dengan nikmatnya mampir di warung bakso, padahal mereka gak tau kita (kaum bapak-bapak lagi kelaparan belum makan dari pagi...huhhh) tapi tidak apa-apa sebagai calon bapak yang baik, harus bahagia melihat sang ibu bahagia...(maksudnya apa coba??)
akhirnya kita dengan laju meneruskan perjalanan, karena kabar demi kabar menyebutkan almarhummah akan ddi kubur jam 2siang, so kita harus nyampek TKP sebelum jam 2 biar sempat ikut mensholati dan menguburnya... kalo kalian tau ternyata tempatnya lumayan jauh banget, sampai dari kita mikir, jam berapa si Juned berangkat dari rumah ke kampus???
dan setelah beberapa menit berlangsung, alhamdulillah kita nyampek juga ke TKP walaupun seteleh melalui beberapa jalan sesat dan mengganggu orang lain (untuk bertanya, hehehe). suasana perkampungan Joe sungguh dan sungguh sangat berseri, nyaman, asri, karena masih banyak ditumbuhi pohon2 yang menutupi perkampungan, subhanAllah....
kita bersalam dengan keluarga Johani Taufik dan masyarakat yang ikut melayat..lalau kita (kaum bapak-bapak) mensholati Almarhummah. dari tradisi dan adat yang dijalankan di perkampungan ini memberikan pengetahuan baru pada kita, banyak sekali keanekaragaman yang ada mengenai merawat jenazah. mulai dari tempat mensholati mayit, beberapa atribut yang digunakan untuk mengiringi perawatan jenazah dan banyak lainnya.. itulah INDONESIA yang beranekaragam budayanya... MERDEKAA!! (loh?? malah orasi...hheheh)
akhrinya (dari tadi akhirnya terus tapi gak selsai-selsai, heheh) jam sudah menunjukkan pukul 2, serangkaian acara merawat jenazah pun dilangsungkan, mulai dari berdoa, pesan2 buat keluarga duka atau hikmah yang harus kita ambil dan juga info tentang Almarhummah..pokonya semuanya yang penting heppy lah...(lhoooo!!). kita ikuti semua prosesi yang ada sampai penguburan jenazah.
nah setelah pulang dari tempat pemakaman, ini hal yang paling seru untuk diceritakan, tapi sebelumnya kita berdoa untuk Almarhummah ibundanya joe semoga beliau ditempatkan di surga Allah, amin.. alfatihah.
lanjut ke cerita, ternya joe punya mbah yang sangat bisa dikatakan GAUL BEUD...mungkin bisa dikatakan kegiatan ini ditujukan untuk menghibur keluarga agar tidak seterusnya bersedih dan bisa ikhlas ditinggalkan Almarhummah.
walaupun ada banyak dari keluarga akeroluh yang gak bisa bahasa jawa kromo inggil tetapi perbincangan ini tetap menghasilkan canda tawa ikhlas dan membahagiakan....si mbah dengan gayanya yang gaul menceritakan hari-harinya sampai keberangkatannya ke tanah suci saat berhaji...SubhanAllah..Alhamdulillah yaa...hehheh
si Marta ajach yang rumahnya dekat hutan (hehehh peace), sok banget gak bisa bahasa jawa??? tapi emang jujur sih bahasa si mbah begitu asing ditelingah kita, mungkin dapat dikatakan hanya si cowok dari NGAPAK JAYA yang bisa memahami bahasa si mbah..gak perlu dibahaskan siapa si cowok dari NGAPAK JAYA, n maaf gak tak sebutin nama penanya untuk melindungi kerahasiaan identitas nama pena..hwhhwhwh
akhirnya hari terus berjalan dan semakin sore, so kita putuskan untuk berpamitan karena sebagai mahasiswa yang sok rajin pasti memiliki kesibukan masing-masing yang berbeda-beda baik ras dan sukunya (lhooo apa hubungannya coba?/) dengan berat hati kita meninggalkan tanah kelahiran Joe sahabat kita. akhirul kalam (cieh kayak pidato ajch) Buat kelurga besar Johani Taufik, semoga diberikan kesabaran, keikhlasanmu menuntun Almarhummah ke sisiNya..insyAllah..amin dan semoga Almarhummah mendapatkan surga Allah. aminnnnn.

NB: maaf kelupaan cerita, dalam kegiatan tersebut biasa "akeroluh tidak pernah ketinggalan dengan aktifitas Photo-mengphoto ria, dmnpun dan kapanpun tdk pernah kelewatan" heheheh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar